Langsung ke konten utama

Buat yang Overthinking dan Insecure "Yoklah Coba Aja Dulu"!!!


Hello, I’m alive and well 😊

How’s your day? Semoga menjadi hari yang menyenangkan meskipun berat ya.

Sudah sebulan lebih ya sejak terakhir aku post diblog ini. Ada banyak hal yang mampir ke pikiran aku selama sebulan lebih ini. Macam-Macam isinya deh sampai bingung mau digimanain biar tenang. Pernah ada gak terjadi sama kalian, merasa “kok aku gak bisa kayak dia sih?”. “aku tuh udah punya banyak rencana untuk hidupku Cuma ya bingung mau mulai gimana”. “loh kok dia berani sih kayak gitu, aku pengen tapi takut”.

Gimana, nemu ada kata yang familiar terjadi sama kalian? Yang harus kita garis bawahi dari kalimat dalam tanda petik di atas ini -minder, malu, takut, khawatir, bingung-. Semuanya pasti pernah mampir dibenak kalian termasuk aku akhir-akhir ini. Terlebih saat kondisi pandemic kayak gini yang maksa kita banget untuk bisa beradaptasi dengan kondisi baru, melakukan apapun agar tetap bisa bertahan dan hidup layak. Perasaan dan pikiran macam gitu jadi trigger yang gampang banget muncul. Terlebih saat lihat orang lain atau lingkungan kita yang rasanya sudah selangkah lebih maju sementara kita seakan masih “gini-gini aja”. Apa itu wajar? Atau cuma baper doang jadinya kok berlebihan gini?

Ketika kondisi itu muncul dan gak bikin diri kita sendiri terganggu maka hal itu jadi wajar tapi kalau yang terjadi malah sebaliknya, kok kondisi begitu bikin ganggu banget jadi bikin demotivasi, insecure maka itu udah gak wajar kita harus cari cara buat nanganinya. Terus kenapa kita sampai ngerasa hal kayak gitu?. Reasonnya bisa banyak, masing-masing dari kita pasti akan munculin hal yang berbeda, bisa karena terlalu overthinking sama sesuatu hal yang belum juga terjadi tapi kita udah jauh banget mikirin dampak jeleknya, bisa karena ngerasa gak percaya diri sama kemampuan padahal belum pernah nyoba dan belum ada yang feedback jelek cuma gak pede aja atau bahkan ada pengalaman buruk dicibir sama lingkungan dan kita gak bisa ngatasin kondisi sampek bikin trauma, mau nyoba lagi malah muncul pikiran “ah nanti dibilang ini itu lagi sama orang-orang”.

Lelah kan kalau nurutin perasan sama pikiran gitu terus, yang ada setiap mau berproses malah ngerasa gak guna, udah takut duluan ujung-ujungnya nyari pembenaran akan kondisi buruk kita, nyalahin yang lain bahkan tanpa sadar kita nyinyirin orang lain yang berhasil berproses duluan apalagi yang hasil prosesnya adalah sesuatu yang udah kita rencanakan. Endingnya Cuma bisa menyesal dan “gak papain” diri sendiri yang gini-gini aja itu. Menyedihkan!!

Memang susah untuk jadi yakin sama diri sendiri apalagi buat memulai sesuatu yang baru dan berbeda. Tapi bukan berarti gak mungkin bisa kita lakukan kan?. Saat lihat temen yang berhasil berproses rasanya pasti kesel, iri, gak sadar sampai bikin kita malah nyari kekurangan apa dari hasil usaha dia buat dijadiin dukungan kondisi kita yang terbalap. Terpikrikan untuk jadiin kondisi temen itu motivasi gak? Belum?. Nah sekarang yang ingin aku obrolin, bagaimana cara kita buat mengelola perasaan tertinggal itu yang menyebabkan jadi overthinking sampek insecure.

Kasusku terkait hal seperti itu banyak. Aku juga mudah insecure dan overthinking. Awalnya aku berkutat untuk cari pembenaran supaya gak keliatan menyedihkan karena gak bisa jadi kayak mereka. Tapi lama-lama aku malah merasa malu dengan kelakuanku sendiri dan semakin membuat aku gak berguna. Akhirnya aku coba buat sedikit berdamai sama diriku. Yah sedikit dulu mulainya nanti kalau udah terbiasa pasti bisa damai seutuhnya. Apa yang aku lakuin dalam proses berdamai? Aku coba ngobrol dengan diri aku sendiri. Aku ingin lebih paham dengan apa mauku. Caranya?

Biasanya sebelum aku tidur aku akan coba self-talk dengan diriku sendiri. Aku ucapkan terima kasih karena sudah melakukan semua hal hari ini dengan tuntas, menyadari ada bagian yang belum sempurna, mencoba memuji diri sendiri dan mengajak otak untuk menelaah kira-kira apa yang harus diperbaiki dari hari ini untuk besok. Saat pertama kali coba self-talk pasti susah, akan cenderung nyalahin dan push diri untuk lebih baik. Itu gak masalah, lalu aku akan atasi dengan memuji diriku sendiri lebih banyak dibandingkan dengan mencari solusi untuk lebih baik. Aku sampaikan kata-kata yang manis dan lembut seperti yang aku ingin dapatkan dari orang lain. Buatku cara ini ampuh untuk menenangkan diriku dan mengembalikan energi. Nah kalau self-talk sudah dilakukan belum jamin akan 100% langsung damai. Harus kita uji coba ke medan yang lain. Salah satunya dengan memulai untuk memberikan pujian kepada teman yang lebih maju dari kita. Bagian ini justru yang paling menantang buatku, karena kondisi awalku yang dulu selalu mencari celah buruknya orang lain itu. Tapi saat aku mencoba memulai memuji lalu mereka sampaikan terima kasih dan minta dukungan dari aku ternyata rasanya aku menjadi lebih berenergi. Semenjak itu aku selalu merasa senang dan excited saat ada teman berproses dengan baik dan berhasil.

Cara lanjutan yang aku lakukan adalah dengan menata semua mimpiku lebih rapi. Jadi Ketika aku memiliki sebuah keinginan atau ide yang muncul aku akan coba menuliskan abstraksi pikiranku terlebih dulu. Supaya alur mimpi yang ingin aku buat gak hilang gitu aja, suatu saat Ketika aku udah siap aku tahu jalan mulainya akan seperti apa. Lalu aku akan riset bagaimana umumnya mimpi seperti anganku tadi terwujud dari cara orang lain. Hal itu bisa jadi refrensi ngebentuk jalan buat wujudin dan semakin bikin aku punya semangat kalau mimpi itu bisa berhasil nantinya.

The most important ways adalah dengan yaudah coba aja dulu. Udah punya mimpi, tahu cara wujudinnya dan udah punya keyakinan bakal terwujud masak didiemin doang? Ya gaklah, wujudin dong makanya coba aja buat lakuin apa yang bisa bikin mimpi itu jadi. Usaha segiat mungkin dan seyakin mungkin. Kita gak harus berjuang sama kayak apa yang orang lain lakukan kok. Jadi beda itu normal, bagus kalau kamu beda dan bisa berdaya mungkin akan kasih isnpirasi buat yang lain. Kalau ternyata beda dan biasa, yaudah gapapa setidaknya kamu sudah mau keluar dari satu lubang perasaan dan pikiran jelek tadi. Kalau kamu ingin lakuin A ternyata temen kamu udah duluan lakuin itu gapapa, lanjutin buat tetap lakuin A sesuai yang kamu mau. Gak usah takut dicibir, dikira ikut-ikutan atau gimana, karena kamu punya waktu dan kamu punya kesempatan yang sama dengan temanmu, akan sayang banget kalau gak kamu manfaatin.

Satu hal yang bisa nambahin semangat buat yaudah coba aja dulu yakni simpen dulu hasrat buat dipuji orang lain, baikin niat awal mau lakuin itu buat apa. Cari kelemahan kamu dan kembanging biar jadi kekuatan. Saat kita lebih paham diri kita, mau lakuin sesuatu yang menakutkan sekalipun akan terasa senang dan tenang. Ibaratnya kita udah punya senjata rahasia dari diri kita. Setelahnya, kalau sudah bisa sampai tahap coba dulu tinggal diasah dengan rajin belajar, rajin nanya sama yang udah pengalaman, rajin nyari tahu dan selalu kosongkan gelas buat nampung kritik, saran dan ilmu baru.

Aku juga masih belajar buat lakuin semua hal yang aku tulis itu, kadang juga masih ada rasa dan pikiran jelek itu tapi dicoba buat inget lagi aku punya banyak mimpi yang mau aku wujudin buat nyenengin diri aku sendiri. Satu hal yang selalu aku ingat saat aku tidak berani dan terjebak dengan rasa dan pikiran jelek itu maka sama saja aku sudah menunda mimpiku untuk terwujud sehari lebih lama dan akan terus lama. Maka yoklah coba aja dulu mau gimana nanti yang terjadi itu urusan belakang tapi tetap harus punya rencana sebelum mencoba.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

VIBRASI DAN SYUKUR

Pernah terpikir oleh kalian gak? sebenarnya apa yang sering kita alami dan terjadi di hidup kita ini karena apa? datangnya dari mana? dan kenapa polanya selalu sama. Pernah ngerasa gak kalau kok ya hidup gue susah mulu jarang senengnya. Kok ya mau sukses ada aja halangannya. Aku sering ngerasa gitu guys. Aku pernah diskusi sama salah satu dosen ku di kampus tentang hal seperti itu. Ada yang namanya "vibrasi" guys, yaitu getaran yang kita ciptakan sendiri yang tanpa sadar kita hadirkan dalam hidup kita, kita tarik secara sendiri. Segala hal yang sering kita alami, beban susah, rasa senang, kegagalan bahkan kekecewaan sejatinya itu diri kita sendiri yang menciptakan. Semua ada karena getaran yang gak kita sadari itu sehingga pola beban yang kita alami sebenarnya selalu sama. Ketika lagi down dan merasa paling kasihan di dunia yang sering kita lakukan pasti nyalahin segala hal di luar dari diri kita. Selalu merasa sangat menyesal berlebihan dan akhirnya muncul "sea

Umur 25 Tahun ku Ngapain?

Lagi rame nih kemarin-kemarin pada banyak yang bahas soal pencapaian di usia 25 tahun. di umur itu harusnya udah punya uang segini, punya ini, invest di itu dan lain sebagainya. Baik aku juga ingin sedikit cerita. sekarang usia aku juga sudah masuk 25 tahun bahkan h-33 hari menuju 26 tahun. kilas balik selama hampir 1 tahun menyandang usia kehormatan yang kata banyak orang malah jadi beban, aku udah ngapain aja dan punya apa aja? Jujur emang 25 tahun kerasa roller coaster banget. waktu aku masuk usia 25 tahun posisi ku sedang nganggur abis resign plus lagi hype corona yang mana nyari kerja ya susah banget. bisa dibilang keputusan yang besar yang aku ambil untuk resign waktu pandemi meskipun saat memutuskan itu sebenarnya ada beberapa harapan pekerjaan yang sedang on process tapi ternyata rencana Tuhan jauh lebih hebat dengan aku gagal mendapatkan pekerjaan pengganti bahkan sampai masa 6 bulan menganggur. apa aku menyesal mengambil keputusan resign? ya tentu aja, aku sempat berfikir &qu

Being A Gratefull Person

Aku mau cerita lebih pribadi kali ini di blog sendiri muehehehe. cerita tentang ketidak percayaan diri dan kurang bersyukur. widih gilak yak haha. Okay jadi begini aku lahir dengan nama ikko setyawati . sekilas kalau orang denger nama depan aku tanpa bertemu secara langsung pasti langsung memberi stigma kalau aku adalah seseorang berjenis kelamin laki-laki. iya apa gak? iya pasti kan? nah itulah yang aku alami dulu. pas jaman kecil mah masih biasa aja ya sama nama itu gak peduli-peduli amat. tapi semua beda pas udah masuk sekolah dasar. aku tinggal di desa yang sekolahnya juga gak gede-gede amat, dalam satu kelas muridnya cuma ada 17 anak itu juga sebelum pada pindah, seinget aku sampek akhir lulus itu sisanya cuma 12 siswa aja, dan mayoritas adalah anak perempuan. jaman ku SD temen-temen aku emang usil-usil sih. kalau mau ngejek gak nanggung-nanggung, pakek fisik, nama orang tua, sampek nama sendiri juga dibuat julukan aneh-aneh. tak terkecuali diriku yang kena juga masa-masa pe